Selasa, 12 November 2013

Irreplaceable (BAB 2:si Bayu)



BAB 2: si Bayu
“halo mbak minyak. Kita ketemu lagi fufufu ” kata Theo sambil terkekeh.
“sial, kok bisa ketemu lo lagi...” muka gue cemberut, sama merah.
Kejadian di indomaret masi kebayang bayang di kepala gue. Jadi gue malu nginget ngingetnya.. apalagi ni orang jadi guru PPL gue.
“kira kira, saya manggil kamu siapa? Hmm.. (nama di sampul buku gue) Aaannjaarriii.... jari?”
Oke, tulisan gue emang jelek.
“itu Anjani!”
“ oke oke Anjani . Udah cepet kerjain LKS nya” katanya sambil beranjak pergi soalnya daritadi dipanggilin sama anak anak yang mau nanya gara gara mentok nyari jawaban LKS.
“Jan, lo kok kenal dia?” kata Ike. Dia temen sebangku gue juga.
“nemu di Indomaret” kata gue singkat.
“hah? Hahaha lo canda aja deh hahahah!!” kata Ike sambil nepuk2 pundak gue.
“beneran Ke.. gue nemu dia di Indomaret . udah ah! Gue males nyeritainnya”
“wehehe.. Lain kali cerita ke gue yah”
“iye iye.. eh Ke, yang ini *nunjuk soal* kayak gini bukan?”
“idih bukan. Ini dikaliin sama yang ini dulu. Soalnya kan blablabla~~~” jelas Ike panjang lebar.
“ah, gue gangerti. Tunjukin coba” keluh gue. Emang gatau bersyukur gue haha.
“hhh....gini loh Jan” lalu dengan susah payah mengambil pensilnya dan mulai ngejelasin gue sampe gue ngomong “OOWALAAHHH!!!!! GINI DOANG?!”.

...

      Bel pulang bunyi.  Seperti biasa, gue nongkrong dulu di sekolahan. Gue, Ike dan Protein langsung menuju kantin buat... you know,  ngemil~.
“bener bener, nih cireng enak banget ya. Nyammm~” kata Ike yang lagi ngelahap cireng bikinan bu Gendut. Ike duduknya didepannya Protein
“ah lu makan cireng mulu ndut. Si Surya, gebetan lo... dia bisa bisa gak suka sama lo lagi gara gara lo tambah mekar!”  ceplos Protein yang duduk di sebelah gue.
“a.. u hame awa (ah lu rame aja) “ sambil ngunyah cirengnya yang masih penuh dimulut.
“yah , yg penting si Surya udah nembak Ike. Udah beres sih sebenernya” kata gue santai.
“haha henew henew!! (bener bener!!)” seru Ike.
“lo kayak orang cacat suaranya hahaha”
“weh parah lu Prot! Hahaha!!” kata gue sambil nabok protein.
      Tiba tiba gue liat si Theo lewat di belakang Ike yang lagi asik makan cireng. Trus dia liat gue.
“halo Anja. ” katanya sambil senyum.
Ini orang kok SKSD sama gue?
“lo lagi lo lagi....”  Kata gue ketus
Terus dia senyum dan pergi.
“ato emang perasaan gue ato kak Theo emang ganteng ya?” kata Protein tiba tiba.
Hati gue kok jadi gak enak gini..
“enggak ah. Biasa aja” kata gue sambil nyomot cirengnya Ike. Ike mukanya langsung merengut.
“menurut gue dia ganteng” kata Protein. Mukanya keliatan senyum, tapi samar.
“iya aja deh” kata gue.
...

Protein udah pulang bareng Mineral (Mineral juga sekolah di sini, tapi kelas 1). Ike udah dijemput. Tinggalah gue sendiri di sini. Sekarang gue mau pulang daripada gue bengong disini coba..
      Akhirnya gue ngambil motor dan pulang. Di tengah jalan gue ngeliat cowok. Kok kayak gue kenal. Eh.. oh itu si Bayu! Iya Bayu! Dia temen SD gue! dia sahabat+pacar gue waktu SD (kebanyakan hormon gue) ahahaha. Kita misah gara gara dia pindah ke Bandung waktu itu dan dulu belom boleh megang hape. Secara gue masih SD. Samperin aahh.
“Bay!” teriak gue sambil berhentiin motor di samping dia.
“a.ee..... eeh?? Anjani ya?” katanya masih bingung.
“iya! Lu gak inget gue?”
“lu beneran Anjani? Lo dulu kan gendut!” . kayaknya dia masih shock. Iya gue dulu gendut kayak Ike.
nothing is impossible dude. Nah, sekarang kenapa lu yang jadi bengkak? Pfffttt...”
Terus muka shocknya berubah jadi muka ngakak.
“karma, Jan. hahaha” katanya
“hahaha lagian ngatain gue gendut” sambil gue cubit itu tangan yang daritadi minta dicubit, soalnya kayaknya enak banget sih buat dicubit. Hahaha!
      Tiba tiba, ada cowok datengin si Bayu.
“Bay, sori nunggu lama”
“iye bang. Santai aje”
      Sosoknya kayak gue kenal. Familiar gitu. Mukanya ketutupan mukanya Bayu, tapi gue bisa ngelihat jelas leher dan badannya. Iya iyaa gue pendek.

“Anja?”

      Oke. Itu si Theo......................
“lu ngapain disini?!” kata gue sambil melotot.
      Gue nggak ngerti kenapa gue se-sensi ini sama dia. Mulut gue nyeplos aja.
“haha, gak sopan ya kamu sama guru PPL” katanya
“apaan lu aku kamuan! Gak sudi gue sama orang yang udah bikin gue malu di depan umum!”
      Bayu cengo . kayaknya banyak yang dia pikirin saat ini. Gak lama muka dia kayak baru-nemu-duit-jatoh-waktu-dia-lagi-kere-kerenya.
“ooooooohhhh!!! jadi itu lo Jan?!”
“hah? Gue apaan?!” jawab gue langsung.
“lo kan cewek yang waktu itu rebutan minyak sama abang gue kan ya?”
Muka gue meringis “abang lo?” kata gue bingung
“iya. Theo abang gue” seru Bayu
“iya Anja.. saya kakaknya Bayu ^^” sambil senyum imut
      ..APA?!
      Terus mereka tiba tiba kayak kaget gitu. Apa segitu kagetnya gue sampe apa yang gue pikirin keucap sama mulut?
Ini adeknya orangnya asik, kenapa bisa sekandung sama abang yang seneng bikin malu ini? Ini pasti cuman ilusi. Ya walaupun gaya rambut mereka dan intonasi suaranya hampir sama, cuman sifat gak ada yang sama!
Theo jalan ke depan gue dan agak ngebungkukin badan supaya mukanya sejajar sama gue. Dia senyum. Senyum termanis seorang cowok yang pernah gue lihat. “kenapa Anja? Gak nyangka ya?”
Ganteng… Theo. Kamu cowok paling ganteng yang pernah gue kenal…
APAAN SIH!! KOK GUE JADI GINI?!
“…. gue mau pulang ah” kata gue sambil beranjak pergi.
Tiba tiba, Bayu megang lengan gue.
“Nomerlo berapa?”
      Ah bener juga. Gue sama Bayu udah 4 tahun gak ketemu. Kami bisa masih  berhubungan buat cerita cerita pengalaman kami waktu pisah.
“hapelo mana?” kata gue.
dia merogoh tas nya dan ngasih gue hapenya. “nih”
      Gue menekan sejumlah nomor yang ada disitu. Terus gue kasih hapenya balik. “udah. Namanya ‘Anjani’ ya”
Bayu baru mau ngomong, tapi gue sela. “ Udah ya.. gue mau pulang. daahh” sambil melambaikan tangan tapi nggak nengok.
“saya tau kamu terpesona dengan saya” kata Theo tiba tiba.
Gue diem sebentar…
Akhirnya gue melesatkan motor gue ke rumah.
 

Itu mahluk apaan ya? Kenapa apa yang gue rasain selalu ketauan?. Gue bingung. Iya siapa lagi kalo bukan si Theo, guru PPL yang sok kegantengan itu? Gue heran kenapa ada ya orang seganteng dia.. eh.. maksud gue .. orang yang se freak dia.
“Jani..”
Apa mungkin dia punya kekuatan tersendiri buat ngetahuin jalan pikiran gue? Tapi kayaknya gak mungkin.
“Jaannnn…!”
Apa dia Paranormal? Gila aja sih. Tukang hipnotis kali haha.. gak mungkin sih ya. Terus apaan dong?
“JANI!!!!!!!”
“hah?”
“mukalo gitu banget. Lu kenapa dah?”
“nggak mbak Tanti. Gak kenapa kenapa. Cuman ngelamun aja” kata gue
“ah beneran lu?”. Jidat gue dipegang.
“iya bener” kata gue ngeyakinin.
“ya tapi gue udah ngeliat elu dari gue ke warung sampe gue balik, elu masih bengong di sini”
“ah gitu ya?”
      Jadi gue bengong di atas motor, di depan rumah. Dari pulang sekolah sampe 15 menit. Wew..
“yaudah mbak, gue masuk yak” kata gue sambil nuntun motor gue masuk.
“yaudah sono”. Lalu mbak Tanti pergi.
      Gue langsung ngeloyor ke kamar gue buat mandi.
      Tapi sebelum mandi, gue ngelihat sesuatu di lengan gue. Luka lama sih. Tapi selalu ngingetin gue tentang kejadian itu. Kejadian saat gue di Bully sama kakak kelas waktu kelas 3 SD . Gue dilemparin batu, diinjek injek sama di kata katain. waktu SD sih gue emang gendut, bauk, jelek, item, berkacamata dan.. banyak deh! Trus pas gue udah mau pingsan si Bayu dateng buat nyelametin gue. Walau gue gak berkacamata, gue tau persis suaranya Bayu. Waktu itu sih gue masih belom kenalan sama dia.
....
Bocah perempuan itu tersipu malu. Dia senang sudah ditolong oleh laki laki pemberani itu. Bayu namanya.
“m-makasih ya” sampil mengelap air matanya.
“iya. Kamu nggak apa?”
“iya aku gak papa.. kalau nggak ada kamu, pasti aku sudah mati”
“hahaha ngomong apa sih?” katanya sambil membelai kepala anak itu.
Ia amat senang. Ia sangat mengagumi sosok Bayu. Sambil mencari kacamatanya yang terjatuh,  ia membayangkan kelak akan menjadi istrinya. Dia tersenyum dan terhanyut di dalam fantasinya.
Tak lama, Bayu meneruskan omongannya. “sudah sana. Balik ke kelas”

“belajar dulu yang bener, baru jadi istri yang baik”
                  
Luka ini kayaknya dalem banget. Gue rasa gak hilang hilang. Luka ini bener bener ingetin gue betapa culunnya gue dulu. Dan betapa kurusnya si Bayu waktu itu haha. Nginget hari ini kayak mimpi aja. Dia gendut gitu haha. Gw berasa ngeliat gue waktu dulu.

Gue rasa cukup melamun hari ini. Gue segera mengambil handuk dan mandi.
Daripada gue masuk angin di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar